Rabu, 22 Juni 2011

Desain Grafis Jurnalistik Pertemuan 13

Pada pertemuan ke- 13 ini kita akan membahas tentang Poster Kampanye.

A. Poster

Menurut wikipedia, Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

B. Kampanye
Masih menurut wikipedia juga, Kampanye adalah sebuah tindakan yang bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan, usaha kampanye bisa dilakukan oleh peorangan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan di dalam suatu kelompok, kampanye biasa juga dilakukan guna memengaruhi, penghambatan, pembelokan pecapaian. Dalam sistim politik demokrasi, kampanye politis berdaya mengacu pada kampanye elektoral pencapaian dukungan, di mana wakil terpilih atau referenda diputuskan. Kampanye politis tindakan politik berupaya meliputi usaha terorganisir untuk mengubah kebijakan di dalam suatu institusi.

Untuk membuat desain poster, ada beberapa hal yang perlu dilakukan (dan akan kita buat pada pertemuan ini), antara lain:
1. Memilih foto orang/objek yang akan dipublikasikan. Langkah ini, anda bisa googling, dan mencari foto free atau menggunakan foto anda sendiri.
2. Retouching image foto tersebut agar terlihat lebih menarik.
Untuk tutorial retouching image, ada blog menarik yang saya rekomendasikan, di sini.
3. Menambahkan desain dan pesan
Sedangkan teks untuk membuat pesan poster, silahkan klik disini
4. Pre Press and printing. Langkah ini merupakan penyimpanan hasil karya sebelum dicetak. Dengan memilih File | Save As, dan pilih format gambar yang sesuai. Disarankan TIF atau JPG.

Ada beberapa aplikasi yang mendukung pembuatan poster kampanye tersebut, yaitu: Gimp atau Adobe Photoshop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar setiap saya posting